MUTIARA-MUTIARA NASEHAT KEPADA YANG MASIH BERAKAL DARI KALANGAN MUSHA’FIQAH

Oleh / DhH 22 1439 / Nasehat

MUTIARA-MUTIARA NASEHAT KEPADA YANG MASIH BERAKAL DARI KALANGAN MUSHA’FIQAH

bagian kedua

“Sungguh aku telah meninjau permasalahanmu, maka aku dapati engkau seperti seorang yang mengumpulkan kerikil-kerikil menjadi satu batu, untuk membunuh lawanmu dengannya. Tak sepantasnya seorang yang tingkatannya seperti Anda dalam ilmu dan dakwah di jalan Allah, untuk mencatat kesalahan-keselahan – jika memang benar ada – dalam waktu yang lama tanpa membantahnya.

Dengan itu Anda telah sengaja membiarkannya menjadi besar dan berkembang, sehingga menetaskan sesuatu yang membuatmu tidak suka. Maka Anda-pun keluar dengan bayan yang Anda ungkapkan dengan judul “Sekarang saatnya bagi Muhammad bin Hadi untuk keluar dari Diamnya”, jadi Anda dulu diam??

Bolehkah bagi Anda ketika melihat suatu kesalahan masuk ke dalam tubuh salafiyyin, lalu Anda diam tanpa ada nasehat dan peringatan, sementara Anda melihat kesalahan ini berkaitan langsung dengan agama dan dakwah??!

Apakah sikap ini pantas bagi orang semisal Anda? Seorang muslim itu cermin bagi saudaranya, sebagaimana diungkapkan:

‘Hanyalah seorang teman itu adalah orang yang apabila engkau katakan, kamu benar, dan apabila engkau tertimpa musibah, maka dia mengumpulkan segala yang dia miliki demi kamu supaya tetap bisa berkumpul denganmu.’

Kemashalatan apakah yang ingin diraih dengan mengakhirkan bayan (penjelasan) dan menyembunyikan kesalahan-kesalahan tersebut?

Apakah Anda hendak menunggu dari mereka kesalahan besar, supaya Anda keluar sebagai hakim atas mereka, mentahdzir dan menjatuhkan vonis bid’ah atau fasiq, serta menyematkan gelar-gelar buruk? Kenapa Anda tidak segera menyelamatkan mereka sebelum mereka jatuh pada kesalahan yang lebih besar lagi, dalam anggapan Anda?

Judul yang Anda buat untuk muhadaharah Anda justru celaan bagi Anda. Tidak menampilkan Anda sebagai seorang yang pemberi nasehat. Namun menampilkan Anda sebagai seorang pengintai.”

https://t.me/ManhajulAnbiya/4044

dari Bayan tentang Fitnah Muhammad bin Hadi, oleh asy-Syaikh al-‘Allamah Hasan bin Abdul Wahhab al-Banna dan asy-Syaikh Ali al-Wushaifi. | halaman 9 – 10

halaman 9 10

Selengkapnya unduh di sini https://up.top4top.net/downloadf-9745yfex1-pdf.html