AqidahFawaid

Istihza’ Terhadap Allah, ayat-ayat-Nya, dan Rasul-Nya

KANDUNGAN FIRMAN ALLAH:

قل أبِاللّهِ وآياتِهِ ورسولِهِ كنْتمْ تسْتهْزِئون

Katakanlah : Apakah terhadap Allah, ayat-ayat-Nya, dan Rasul-Nya kalian beristihza’ (berolok-olok)?!
(At Taubah:65)

♦ Oleh asy-Syaikh ‘Ubaid al-Jabiry حفظه الله تعالى

Ο Kandungan ayat ini:

Pertama :Peringatan keras terhadap orang yang membiasakan mengucapkan kata-kata yang penuh olokan dan ejekan terhadap sunnah dan orang yang mengamalkanya. Seperti orang-orang yang  pada masa ini banyak berolok-olok terhadap (sunnah) berjenggot, dengan ucapan penuh keangkuhan, Mereka mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada bedanya antara mencukur jenggot dengan mencukur rambut kemaluan.

√ Propaganda seperti ini lebih berbahaya daripada yang mencukur jenggot namun diam.

Kedua : (Ayat ini menunjukkan) boleh bagi seorang pemimpin mengkhabarkan berbagai penyimpangan, dan hal yang seperti ini bukan termasuk bagian ghibah yang diharamkan.
Di antara dalil yang menunjukkan atas hal ini adalah sangat banyak,  tidak cukup untuk disebutkan sebagiannya di sini.
Sisi pendalilannya juga bahwa Nabi tidak mengingkari orang yang mengkhabarkan ucapan orang beristihza’ (mengolok-olok) tadi.

Ketiga : Perbuatan semacam ini adalah bentuk cercaan (terhadap syariat). Dalam kaedah ushul disebutkan :”Bahwa penilaian (terhadap suatu hukum) berdasarkan keumuman lafadh bukan dari kekhususan sebab”. Maka barang siapa mengucapkan kata-kata ejekan,cercaan, atau olok-olokan yang ditujukan kepada syariat Allah, maka dia pantas untuk terjatuh pada perkara yang mereka (kaum munafiqin) telah terjatuh di dalamnya. Maka wajib atas orang ini untuk bertaubat darinya.
Seperti orang yang mengatakan ,”lihat! lihat! orang miskin ini,dia ruku’,ruku’, ruku’ (sholat berulangkali) tapi kenapa dia tidak meminta buat kehidupannya?!
√ Apabila Istihza’ seperti ini ditujukan pada amalan sholat itu sendiri maka ini adalah salah satu bentuk kekufuran.

Keempat : Ancaman kekafiran atas orang yang mengucapkan ucapan seperti ini. Wajib untuk diperingatkan dari semua yang semisal hal ini,baik berupa  ucapan,ejekan, ataupun olokan.

http://ar.miraath.net/fawaid/7163

WhatsApp Miratsul Anbiya Indonesia

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button